ANALISIS PENERAPAN METODE IMAGE STREAMING (PENGALIRAN IMAJI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI OLEH GURU KELAS X YPI AMIR HAMZAH TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Suchi Susilo, Trisnawati Hutagalung

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana
penerapan metode pengaliran imaji yang dilakukan oleh guru kelas X dalam
pembelajaran menulis puisi YPI Amir Hamzah. Metode ini menekankan pada
keaktifan guru dalam mrnggunakan metode pembelajaran.Metode pengaliran
imaji atau image streaming memiliki 3 tahap diantaranya, tahap persiapan, tahap
penerapan konsep dan tahap mengubah sketsa. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa
adanya. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan
proses tahapan model pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian ini
sebagai berikut oleh bapak Riswan Nst, S.E., S.Pd mencapai nilai 88 yang dapat
dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik dan Ibu Nuraziziah S.Pd mencapai
nilai 81 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik, tahap
penerapan konsep oleh bapak Riswan Nst,S.E., S.Pdmencapai nilai 88 yang dapat
dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik dan Ibu Nuraziziah S.Pd mencapai
nilai 75 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik, dan tahap
mengubah sketsa oleh bapak Riswan Nst, S.E., S.Pd mencapai nilai 63 yang dapat
dikategorikan dalam predikat skor 2 yaitu kurang baik dan Ibu Nuraziziah
mencapai nilai 81 yang dapat dikategorikan dalam predikat skor 3 yaitu baik.
Kata Kunci: pembelajaran, image streaming, puisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i4.11754

Article Metrics

Abstract view : 185 times
PDF - 562 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Suchi Susilo, Trisnawati Hutagalung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License