KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, MENGEMBANGKAN) OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam
menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik 3M
(Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh siswa kelas XI SMK
Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun
pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 18 kelas dengan jumlah
568 orang. Sampel yang diambil adalah 60 orang dari jumlah kelas
yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa
data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji
normalitasLhitung <Ltabelpada taraf signifikan. Hasil uji normalitas
untuk data kelas eksperimen ialah (0.14< 0.16 ), kelas kontrol (0.11<
0.16 Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasi
kompleks ialah Xhitung< Xtabel (0,66 < 42.6) dan uji hipotesis thitung>
ttabel(9.41 > 2.01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan
teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) lebih baik
dibandingkan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan
menggunakan teknik konvensional oleh siswa kelas XI SMK Negeri
2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks,
Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan)
menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan teknik 3M
(Mengamati, Meniru, Mengembangkan) oleh siswa kelas XI SMK
Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Medan tahun
pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 18 kelas dengan jumlah
568 orang. Sampel yang diambil adalah 60 orang dari jumlah kelas
yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa
data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji
normalitasLhitung <Ltabelpada taraf signifikan. Hasil uji normalitas
untuk data kelas eksperimen ialah (0.14< 0.16 ), kelas kontrol (0.11<
0.16 Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks eksplanasi
kompleks ialah Xhitung< Xtabel (0,66 < 42.6) dan uji hipotesis thitung>
ttabel(9.41 > 2.01). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan
teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan) lebih baik
dibandingkan kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks dengan
menggunakan teknik konvensional oleh siswa kelas XI SMK Negeri
2 Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Kata Kunci : Kemampuan, Menulis, Teks Eksplanasi Kompleks,
Teknik 3M (Mengamati, Meniru, Mengembangkan)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i4.11757
Article Metrics
Abstract view : 190 timesPDF - 486 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Zukhruf Ambarsari, Fitriani Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License