PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri
terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 212 siswa. Dari 212 siswa,
ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara acak (randomsampling).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum
menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata
(mean) yang diperoleh siswa adalah 54, sedangkan kemampuan siswa menulis teks berita
sesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilai
rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,4. Selanjutnya, uji hipotesis
menunjukkan thitung (8,32)>ttabel(1,67) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian
ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh media gambar berseri terhadap
kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran
2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudah
menggunakan media gambar berseri lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum
menggunakan media gambar berseri, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan media
gambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.
Kata kunci: Media, gambar Berseri, Menulis, Teks Berita.
terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun
pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 212 siswa. Dari 212 siswa,
ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara acak (randomsampling).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh
menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelum
menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata
(mean) yang diperoleh siswa adalah 54, sedangkan kemampuan siswa menulis teks berita
sesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilai
rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,4. Selanjutnya, uji hipotesis
menunjukkan thitung (8,32)>ttabel(1,67) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian
ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh media gambar berseri terhadap
kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran
2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudah
menggunakan media gambar berseri lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum
menggunakan media gambar berseri, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan media
gambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.
Kata kunci: Media, gambar Berseri, Menulis, Teks Berita.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i4.11760
Article Metrics
Abstract view : 230 timesPDF - 288 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Melva Sirait, Trisnawati Hutagalung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License