PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Authors

  • Melva Sirait Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan
  • Trisnawati Hutagalung Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/kjb.v7i4.11760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseriterhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahunpembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 212 siswa. Dari 212 siswa,ditetapkan sampel sebanyak 25 siswa yang diambil secara acak (randomsampling).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pretest post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji œt. Data yang diperolehmenunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks berita sebelummenggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata(mean) yang diperoleh siswa adalah 54, sedangkan kemampuan siswa menulis teks beritasesudah menggunakan media gambar berseri masuk dalam kategori baik dengan nilairata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 77,4. Selanjutnya, uji hipotesismenunjukkan thitung (8,32)>ttabel(1,67) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikianditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh media gambar berseri terhadapkemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Porsea tahun pembelajaran2016/2017. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita sesudahmenggunakan media gambar berseri lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelummenggunakan media gambar berseri, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan mediagambar berseri berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks berita.Kata kunci: Media, gambar Berseri, Menulis, Teks Berita.

Downloads

Published

2018-12-18

Issue

Section

Articles