PENERAPAN METODE IMOD DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI SISWA SEKOLAH DASAR

Ermaliana Waruhu, Roma Putra

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui metode imod dapat meningkatkan
kemampuan membaca puisi siswa SDN 014648 Padang Mahondang. Penelitian dilakukan
selama 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan waktu belajar 2x35
menit. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 014648 Padang
Mahondang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes
kemampuan membaca pusi, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi
kemampuan guru mengelola kelas dan hasil wawancara siswa serta foto dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada
siklus I sebesar 60,9%. Hal ini disebabkan karena guru terlalu cepat saat menyampaikan
materi kepada siswa dan masih kurangnya keberanian siswa untuk tampil ke depan kelas.
Pada pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,5%. Rerata tes kemampuan membaca
puisi siswa pada kondisi awal 68,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 23,3%. Pada siklus
I nilai rerata 75,3 tingkat ketuntasan klasikal 63,5%. Pada siklus II, nilai rerata 80,4,
tingkat ketuntasan klasikal 93,5%.
Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode imod
dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa khususnya kelas V SD N 014648
Padang Mahondang.
Kata kunci: Kemampuan Membaca, Metode Imod, Sastra Puisi
Pendahuluan

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui metode imod dapat meningkatkan
kemampuan membaca puisi siswa SDN 014648 Padang Mahondang. Penelitian dilakukan
selama 2 siklus, yang tiap siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan dengan waktu belajar 2x35
menit. Setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi
Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar 014648 Padang
Mahondang yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes
kemampuan membaca pusi, lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi
kemampuan guru mengelola kelas dan hasil wawancara siswa serta foto dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif.
Hasil analisis menunjukkan bahwa rerata hasil observasi terhadap aktivitas siswa pada
siklus I sebesar 60,9%. Hal ini disebabkan karena guru terlalu cepat saat menyampaikan
materi kepada siswa dan masih kurangnya keberanian siswa untuk tampil ke depan kelas.
Pada pada siklus II meningkat menjadi sebesar 89,5%. Rerata tes kemampuan membaca
puisi siswa pada kondisi awal 68,4 dengan tingkat ketuntasan klasikal 23,3%. Pada siklus
I nilai rerata 75,3 tingkat ketuntasan klasikal 63,5%. Pada siklus II, nilai rerata 80,4,
tingkat ketuntasan klasikal 93,5%.
Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode imod
dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa khususnya kelas V SD N 014648
Padang Mahondang.
Kata kunci: Kemampuan Membaca, Metode Imod, Sastra Puisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v7i4.11817

Article Metrics

Abstract view : 202 times
PDF - 911 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ermaliana Waruhu, Roma Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License