PENERAPAN METODE MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS IV SDN GRUDO 4 NGAWI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar serta menganalisis hasil belajar dengan metode mind map untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana bagi siswa kelas IV SDN Grudo 4 Ngawi tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Masing-masing siklus tersebut terdapat 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Nilai Ketuntasan Klasikal pada Siklus Ketiga sebesar 85.71% jauh lebih tinggi daripada nilai Ketuntasan Klasikal pada Siklus Pertama sebesar 35,71% dan nilai Ketuntasan Klasikal pada Siklus Kedua sebesar 57.14%. Sedangkan nilai KKM pada Siklus Ketiga sebesar 71.43 lebih besar daripada nilai KKM Siklus Pertama sebesar 59.29 dan nilai KKM Siklus Kedua sebesar 65.71. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa penerapan metode mind map mampu untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada Siswa Kelas IV SDN Grudo IV Ngawi, sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran di kelas. Metode mind map ini perlu diterapkan di sekolah-sekolah lainnya karena dapat membantu siswa untuk lebih aktif, kreatif, dan kritis selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Kata kunci—Mind Map, Kemampuan Menulis, Hasil Belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i1.12976
Article Metrics
Abstract view : 254 timesPDF - 938 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Sudarwati Sudarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License