ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN BUATAN GURU BAHASA INDONESIA DI SMK SWASTA PAB 12 SAENTIS TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dan kelayakan instrumen penilaian buatan guru mata pelajaran bahasa Indoesia dengan kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Data berupa instrumen penilaian yang terdapat pada rencana pelaksanaan pembelajaran guru kelas X dan XI semester genap. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kesesuaian instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dibuat oleh guru kelas X dan XI dengan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, indikator capaian, materi dan rubrik penilaian kurikulum 2013. Akan tetapi, pada butir instrumen keterampilan ditemukan dua butir instrumen yang tidak sesuai dengan Kompetensi Dasar, yaitu KD 4.11 dan KD 4.16 pada kelas X serta KD 4.18 pada kelas XI. Adapun kelayakan instrumen penilaian yang diperoleh yaitu penilaian pada kelas X: sikap sebesar 100%, pengetahuan sebesar 99.3%, keterampilan sebesar 94,7% secara keseluruhan kelayakan instrumen penilaian kelas X adalah 98%. Sedangkan, pada kelas XI kelayakan instrumen penilaian yang diperoleh adalah sikap sebesar 100%, pengetahuan sebesar 97,7%, keterampilan sebesar 97,6% secara keseluruhan kelayakan instrumen penilaian kelas XI adalah 98,4%.
Kata Kunci: instrumen penilaian sikap, pengetahuan, keterampilan, dan kurikulum 2013
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i1.12979
Article Metrics
Abstract view : 821 timesPDF - 6526 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Aulia Wardhani, Abdurahman Adisaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License