PENGARUH STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AN NIZAM

Nurul Azizah, Khairil Ansari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi  pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Populasi  penelitian ini berjumlah 78 siswa SMA Swasta An Nizam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pretest and posttest group design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar  masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 41, (2) kemampuan siswa menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82, (3) uji hipotesis menunjukkan Jhitung (325) ≥ Jtabel (89) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian  ditolak dan  diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi  pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam.

Kata Kunci: pengaruh, strategi Double Entry Journals, media, menulis, dan  teks.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi  pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Populasi  penelitian ini berjumlah 78 siswa SMA Swasta An Nizam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pretest and posttest group design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar  masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 41, (2) kemampuan siswa menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82, (3) uji hipotesis menunjukkan Jhitung (325) ≥ Jtabel (89) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian  ditolak dan  diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi  pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam.

Kata Kunci: pengaruh, strategi Double Entry Journals, media, menulis, dan  teks.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i1.12980

Article Metrics

Abstract view : 107 times
PDF - 115 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurul Azizah, Khairil Ansari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License