PENGARUH STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA AN NIZAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Populasi penelitian ini berjumlah 78 siswa SMA Swasta An Nizam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pretest and posttest group design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 41, (2) kemampuan siswa menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82, (3) uji hipotesis menunjukkan Jhitung (325) ≥ Jtabel (89) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam.
Kata Kunci: pengaruh, strategi Double Entry Journals, media, menulis, dan teks.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam. Populasi penelitian ini berjumlah 78 siswa SMA Swasta An Nizam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pretest and posttest group design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 41, (2) kemampuan siswa menulis teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 82, (3) uji hipotesis menunjukkan Jhitung (325) ≥ Jtabel (89) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, hal ini berarti ada pengaruh strategi Double Entry Journals berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta An Nizam.
Kata Kunci: pengaruh, strategi Double Entry Journals, media, menulis, dan teks.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i1.12980
Article Metrics
Abstract view : 107 timesPDF - 115 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nurul Azizah, Khairil Ansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License