PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI DI KELAS MULTI-LEVEL BIPA
Abstract
Penghambat utamakegiatan pembelajaran Kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Universitas Negeri Surabaya adalah perbedaan kemampuan berbahasa indonesia antar individu. Mahasiswa dengan tingkat kemampuan berbahasa dari level pemula, sampai tingkat mahir melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam kelas bersama disebut “Multi-level Classroom”.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses dan hasil Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Kelas Multi-Level BIPA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa di kelas BIPA Unesa pada Tahun Akademik 2018/2019. Data berupa hasil observasi, hasil respons mahasiswa, hasil tes kompetensi menulis deskripsi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan proses Penerapan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi di Kelas Multi-level BIPA dipengaruhi oleh (1) pemilihan tema pembelajaran; (2) kemampuan dan karakter belajar mahasiswa; (3) penentuan target capaiankompetensi; (4) penyesuaian strategi pembelajaran; (5) pengondisian suasana pembelajaran; dan (6) evaluasi berbasis pengalaman mahasiswa. Hasil penilaian kompetensi menulis deskripsi menunjukkan bahwa persentase Ketuntasan Klasikal untuk mahasiswa BIPA mencapai 100%. Selanjutnya nilai KKM untuk mahasiswa BIPA dengan tingkat kemampuan menulis mahir 83.75. Sedangkan nilai KKM untuk mahasiswa BIPA dengan tingkat kemampuan menulis menengah adalah 71.25, dan nilai KKM untuk mahasiswa BIPA dengan tingkat kemampuan menulis pemula adalah 67.5.
Kata kunci: Kelas multi-level, BIPA, menulis deskripsi, media gambar.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i2.13939
Article Metrics
Abstract view : 615 timesPDF - 1352 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Prima Vidya Asteria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License