ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RPP DENGAN TUJUAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Sri Yuni Astuti, Syamsul Arif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kesesuaian komponen RPP (indikator, kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar) dengan tujuan pembelajaran oleh guru bahasa Indonesia kelas XI MIS/IPS di SMA Negeri 20 Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang akan dipaparkan dalam bentuk narasi dengan menggunakan alat bantu kesesuaian komponen RPP dengan tujuan pembelajaranyang dibuat berdasarkan alat ukur dari berbagai referensi, seperti  jurnal penelitian, pedoman RPP berdasarkan Permendikbud, serta skripsi terdahulu yang sudah  penulis rangkum menjadi satu instrumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran, media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, sumber belajar sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran, serta penilaian hasil belajar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berdasarkan penjelasan di atas, maka komponen yang dibuat guru dalam RPP nya memiliki kesesuaian dengan nilai 88,88 % menduduki kategori sesuai (baik) karena nilai sudah lebih dari >76.

Kata kunci :Tujuan Pembelajaran, RPP, Kesesuaian


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i2.13948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.