ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK GURU BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMK NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

Suci Isnaini Putri, Basyaruddin Basyaruddin

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran Bahasa Indonesia “teks laporan hasil observasi”siswa kelas X SMK Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini yaitu memaparkan langkah-langkah pelaksanaan penilaian autentik serta faktor pendukung dan faktor penghambat penilaian autentik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RPP dan instrumen penilaian autentik yang dibuat oleh guru. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian autentik oleh guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X dapat dikatakan baik; hal tersebut dikarenakan teknik penilaian yang digunakan sudah sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran, kriteria instrumen penilaian yang dibuat oleh guru sudah memenuhi ketentuan yang ada, karakteristik penilaian autentik terlihat dengan baik pada saat proses pembelajaran, dan langkah-langkah pelaksanaan teknik penilaian berjalan dengan baik dan cukup sesuai dengan ketentuan yang ada. Faktor pendukung pelaksanaan penilaian autentik yaitu; siswa dan sarana prasarana. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan penilaian autentik yaitu; pelatihan penilaian autentik tidak dilakukan secara khusus dan alokasi waktu kurang mencukupi.

 

Kata Kunci: Penilaian Autentik, Langkah-langkah, Faktor Pendukung dan Penghambat.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i2.13953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.