HUBUNGAN PEMAHAMAN POLA PENALARAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF PERSUASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Nurhajijah Br Tarigan, Khairil Ansari

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada tahun 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemahaman Pola Penalaran Dengan Kemampuan Menulis Paragraf Persuasi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 795 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 32 orang. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskripsi korelasional. Data Pemahaman Pola Penalaran dan Menulis Paragraf Persuasi pada siswa dijaring dengan mengunakan tes pemahaman pola penalaran sebanyak 30 soal dan tes kemampuan menulis paragraf persuasi yang disusun berdasarkan tujuan yang ingin dicapai. Sebelum dilakukan pengujian data terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil analaisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan teknik analisis regresi sederhana Y = 58.79 + 0.351 (X) dengan koefisien determinasi 55% yang berarti bahwa kemampuan menulis paragraf persuasi dapat dijelaskan oleh pemahaman pola penalaran. Sedangkan hasil regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara hubungan pemahaman pola penalaran dengan kemampuan menulis paragraf persuasi dengan koefisien korelasi rxy = 0.74. Dengan demikian dapat disimpulkan dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan pemahaman pola penalaran dengan kemampuan menulis paragraf persuasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan tahun pembelajaran 2015/2016.

 

Kata Kunci:   Penalaran, Menulis Paragraf Persuasi.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i2.13954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.