ANALISIS PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X SMA NEGERI 1 PANGKALAN SUSU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Izazi Tamimi, Inayah Hanum

Abstract


Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching pada materi teks laporan hasil observasi oleh guru di SMA Negeri 1 Pangkalan Susu. Model ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Model Quantum Teaching memiliki 6 tahap diantaranya, tahap tumbuhkan, tahap alami, tahap namai, tahap demonstrasi, tahap ulangi, dan tahap rayakan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan data penelitian dengan apa adanya. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan proses tahapan model pembelajaran yang dilakukan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Teaching yang dilaksanakan guru sudah memenuhi seluruh langkah-langkah dalam enam tahapan model Quantum Teaching. Mulai dari tahap tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi dan rayakan. Sehingga berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model Quantum Teaching pada materi teks laporan hasil observasi yang dilaksanakan oleh guru kelas X SMA Negeri 1 Pangkalan susu tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan baik hasilnya dengan jumlah skor nilai yang diperoleh mencapai nilai 85 yang dapat mengkategorikan dalam predikat baik sesuai dengan rubrik penilaian peenerapan model Quantum Teaching.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Teks Laporam Hasil Observasi, Guru


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i3.14723

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 386 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Izazi Tamimi, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License