Efektivitas Model Pembelajaran Scientific dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Berita oleh Siswa Kelas VIII MTs Al-Wasliyah Gedung Johor Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

Diana Nasution, Oktaviandi Bertua Pardede, Winton Buulolo, Nasrul Berutu, Dearma Natalia Sinaga

Abstract


Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektivitasan kemampuan memahami teks berita dengan menggunakan model scientific oleh siswa kelas VIII MTS Al-Wasliyah Gedung Johor Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan teknik penarikan sampel dengan cara simple random sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs  Al-Wasliyah dengan jumlah 80 siswa, dimana kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 40 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas ekperimen terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan observasi. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran scientific kemampuan memahami teks beritanya lebih efektif dari pada model pembelajaran  konvensional (diskusi).  Peningkatan ini dapat dilihat thitung > ttabel yaitu 4,45 > 1,991 maka kriteria hipotesis alternatif menerima Ha. Hal ini membuktikan  efektivitas model pembelajaran scientific dapat meningkatkan kemampuan memahami teks berita oleh siswa kelas VIII MTs Al-Wasliyah Gedung Johor Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Efektivitas, Model Scientific, Teks Berita.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i3.14724

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Diana Nasution, Oktaviandi Bertua Pardede, Winton Buulolo, Nasrul Berutu, Dearma Natalia Sinaga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License