BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PENGANTAR DALAM PROSES BELAJAR “HOME SCHOOLING” IMIGRAN ASING DI KOTA MEDAN

Christin Agustina Purba, Midauli Herawaty L. Sitorus, Nelliana Boru Limbong, Tresya Agustina Gulo

Abstract


Salah satu alat komunikasi yang ampuh untuk mengadakan hubungan dan kerja sama adalah bahasa. Tanpa bahasa manusia akan kesulitan dalam berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi imigran asing dan bagaimna penggunaan bahasa indonesia dalam proses belajar home schooling oleh anak tanpa pendamping di kota Medan. Dalam melakukan komunikasi keseharian para imigran dengan masyarakat lokal mengalami kesulitan karena, bahasa Indonesia bukanlah bahasa Ibu mereka. Realitas tersebut menggambarkan bahwa imigran asing yang tinggal di penampungan imigran di kota Medan ini perlu menguasai dan menggunakan bahasa Indonesia. Maka Untuk memperlancar proses komunikasi para imigran dengan masyarakat sekitar maka disediakan ruang untuk belajar Bahasa Indonesia yang dinamakan dengan “HOME SCHOOLING”. Home Schooling merupakan suatu proses belajar non formal yang dilaksanan di rumah di bawah pengarahan tutor pendamping dimana anak tidak seperti anak pada umumnya yang belajar di sekolah melainkan proses belajarnya dilaksanakan di rumah.  Dengan adanya home schooling tersebut sangat membantu imigran anak dibawah umur dalam memperoleh pendidikan dimana didaerah mereka, mereka hanya menguasai pendidikan formal sampai setara dengan kelas 2 SD (sekolah dasar). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Instrument penelitian ini ialah pedoman wawancara yang digunakan untuk mewawancarai informan yang berjumlah 4 (empat) orang, berasal dari tiga kewarganegaraan.

Kata kunci : bahasa indonesia, home schooling, wacana lisan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v8i4.16006

Article Metrics

Abstract view : 12 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.