PENGARUH MODELPEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS X SMA RK DELIMURNI DELITUA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) tehadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf. Sampel penelitian ini berjumlah 34 orang siswa dari 105 populasi yang ada.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test post-test only, yang dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja tetapi dua kali diberi test. Test yang pertama disebut pre-test, yakni sebelum mendapat perlakuan dan test yang kedua disebut post-test, yakni setelah mendapat perlakuan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC). Alat atau instrument penelitian ini adalah pilihan berganda.Analisis perolehan data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji statistik yaitu uji-t dengan t taraf signifikan 5%= 2,03. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,38>2,03, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf.Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembalajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dapat mempengaruhi kemampuan siswa menemukan ide pokok paragraf kelas X SMA RK Delimurni Delitua Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Model Pembelajaran, CIRC, Ide Pokok Paragraf
Kata kunci: Model Pembelajaran, CIRC, Ide Pokok Paragraf
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i4.1627
Article Metrics
Abstract view : 128 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Mita Indriyani Sinaga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License