EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSEP KALIMAT (CONCEPT SENTENCE)TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWAKELAS X SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Model Pembelajaran Konsep Kalimat (Concept Sentence) Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan yang berjumlah 151 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay menulis karangan narasi. Dari pengolaan data diperoleh kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) nilai rata-rata sebesar 77,5 dan tergolong dalam kategori baik. Kemampuan menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori nilai rata-rata sebesar 68,5 dan tergolong dalam kategori cukup. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” diperoleh hasil yaitu thitung (4,22) > ttabel (2,01), maka hipotesis nihil (
) ditolak dan hipotesis alternatif (
) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Model pembelajaran, Konsep Kalimat (Concept Sentence), karangan narasi.
) ditolak dan hipotesis alternatif (
) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa kemampuan menulis karangan narasi yang diajarakan dengan menggunakan model pembelajaran konsep kalimat (concept sentence) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata kunci: Model pembelajaran, Konsep Kalimat (Concept Sentence), karangan narasi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i4.1630
Article Metrics
Abstract view : 218 timesPDF - 13 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License