Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 60 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yang ada yaitu sebanyak 30 orang siswa dari jumlah populasi 60 orang siswa. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design dan dilakukan hanya pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Dalam penelitian ini tes dilakukan sebanyak dua kali yaitu tes sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (pre-test) dan tes sesudah menerapakn model pembelajaran berbasis masalah (post-test). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay menulis teks eksplanasi. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,50 dan hasil post test dengan rata-rata = 75,17. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% = 2,04, karena to yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,85 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Santo Ignasius Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Kata Kunci: pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, teks eksplanasi
Kata Kunci: pengaruh, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, teks eksplanasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i4.1632
Article Metrics
Abstract view : 566 timesPDF - 26 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Pestauli Gultom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License