Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2013/2014

Pitra Sihite

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige tahun pembelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian Two Group post-test only control design yang hanya dilaksanakan pada dua kelas (kelompok).Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige, yang berjumlah 256 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 64 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan dua kelas yang dijadikan wakil populasi dengan menggunakan teknik Random Sampling. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan terhadap kelas eksperimen yaitu Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) dan kelas kontrol Model Pembelajaran Ekspositori dengan post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay menulis teks ekspsosisi. Hasil rata-rata diperoleh Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) adalah 78,75. Sedangkan Model Pembelajaran Ekspositori adalah 74,375. Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa menulis teks eksposisi, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 2,023>2,00.
Kata Kunci: Model Pembelajaran , Collaborative Learning, teks eksposisi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i3.1634

Article Metrics

Abstract view : 929 times
PDF - 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Pitra Sihite

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License