PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL (TOPLES IKAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII YAYASAN PENDIDIKAN NURUL KHAIR DESA TANDAM HILIR II TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.24114/kjb.v3i3.1635Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metodepembelajaran fishbowl (toples ikan) terhadap kemampuan menulisnaskah drama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIYayasan Pendidikan Nurul Khair, Desa Tandam Hilir II TahunPembelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruhsiswa kelas VIII Yayasan pendidikan Nurul Khair sebanyak 150orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 76 orang, 38 orang untukkelas eksperimen (menggunakan metode pembelajaran fishbowl) dan36 orang untuk kelas kontrol (metode pembelajaran konvensional).Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama dalambentuk esai. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78,06 sedangkanuntuk kelas kontrol adalah 65. Dengan demikian, dapat dikatakanbahwa nilai rata-rata kemampuan menulis pada kelas eksperimen lebihtinggi daripada kelas kontrol. Ini terbukti dari hasil uji œt diperolehhitung tabel t  t yaitu 7,86 > 2,03. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa metode pembelajaran fishbowl berpengaruh positif terhadapkemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII YayasanPendidikan Nurul Khair Desa Tandam Hilir II Tahun Pembelajaran2013/2014.Kata Kunci: Pengaruh, Metode Fishbowl, Menulis, Naskah Drama.Downloads
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 1970 Rahmadani Rahmadani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.