Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Model
Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedur
kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih tahun pembelajaran
2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 1 Air Putih, yang berjumlah 245 orang dan yang menjadi sampel
penelitian sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan
menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One
Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua
kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang
dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah
eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay
menulis teks teks prosedur kompleks. Hasil rata-rata diperoleh sesudah
penerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 76,9. Sedangkan sebelum
penerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 64,8. Penerapan Model
Pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis
teks prosedur kompleks, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan
pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,33 > 2,03.
Kata Kunci: pengaruh, model, pembelajaran inkuiri, kemampuan, teks
prosedur kompleks
Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedur
kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih tahun pembelajaran
2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 1 Air Putih, yang berjumlah 245 orang dan yang menjadi sampel
penelitian sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara
menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi dengan
menggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One
Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas
(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua
kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang
dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah
eksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essay
menulis teks teks prosedur kompleks. Hasil rata-rata diperoleh sesudah
penerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 76,9. Sedangkan sebelum
penerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 64,8. Penerapan Model
Pembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulis
teks prosedur kompleks, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitungan
pada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,33 > 2,03.
Kata Kunci: pengaruh, model, pembelajaran inkuiri, kemampuan, teks
prosedur kompleks
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i3.1636
Article Metrics
Abstract view : 176 timesPDF - 33 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Ratna Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License