Pengaruh Penggunan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014
DOI:
https://doi.org/10.24114/kjb.v3i3.1636Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan ModelPembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan menulis teks prosedurkompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Air Putih tahun pembelajaran2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMANegeri 1 Air Putih, yang berjumlah 245 orang dan yang menjadi sampelpenelitian sebanyak 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan caramenentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi denganmenggunakan teknik Random Sampling. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian OneGroup Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas(kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak duakali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yangdilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudaheksperimen disebut post-test. Instrumen yang digunakan adalah tes essaymenulis teks teks prosedur kompleks. Hasil rata-rata diperoleh sesudahpenerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 76,9. Sedangkan sebelumpenerapan Model Pembelajaran Inkuiri adalah 64,8. Penerapan ModelPembelajaran Inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan siswa menulisteks prosedur kompleks, hal tersebut terbukti setelah diperoleh perhitunganpada uji t yaitu diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,33 > 2,03.Kata Kunci: pengaruh, model, pembelajaran inkuiri, kemampuan, teksprosedur kompleksDownloads
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 1970 Ratna Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.