PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Raudahtul Sarifah Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksposisi oleh siswa kelas X SMA N 5 Medan tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 5 Medan yang berjumlah 415 orang dan sampelnya sebanyak 80 orang kemudian dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dan desain penelitian Post test only control group design, yaitu penelitian dengan memberikan perlakuan Post test terhadap kedua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran berbasis inkuiri dan kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Karena penelitian ini bersifat komparartif, maka harga skor variabel X1 dan variabel X2 dibandingkan. Uji perbandingannya menggunakan statistik uji “t”. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh t0 = 4,92 kemudian dikonsultasikan dengan tabel “t” pada taraf signifikasi 5% dan 1% dengan df = (N1+N2)-2 = 78, maka diperoleh taraf signifikan 5‟ % = 1,99 dan 1% = 2,64. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 1,99<4,92>2,64, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “Model Pembelajaran Berbasis Inkuiri Berpengaruh Positif Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa oleh Kelas X SMA N 5 Medan”diterima.
Kata Kunci: pengaruh, inkuiri, teks, eksposisi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i3.1637

Article Metrics

Abstract view : 917 times
PDF - 78 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Raudahtul Sarifah Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License