PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahan
yang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map)
terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1
Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelas
yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan
pada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan
sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi
yang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map)
terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1
Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelas
yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan
pada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan
sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i1.1654
Article Metrics
Abstract view : 73 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 Sondang Admaja Samosir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License