PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PETA PIKIRAN (MIND MAP) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDIKALANG KAB. DAIRI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sondang Admaja Samosir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perubahan
yang signifikan dari penggunaan model peta pikiran (mind map)
terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Negeri 1
Sidikalang dengan jumlah 117 siswa. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 40 siswa yang diambil dengan cara menentukan satu kelas
yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model desain
penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilaksanakan
pada satu kelas (kelompok). Dalam desain ini pengukuran dilakukan
sebanyak dua kali, yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen.
Kata Kunci: -Peta Pikiran (Mind Map) -Menulis Karangan Deskripsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i1.1654

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Sondang Admaja Samosir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License