PENGARUH MEDIA CETAK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA X SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh media cetak surat kabar terhadap
kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Santa Lusia tahun
pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santa
Lusia Sei Rotan yang terdiri atas empat kelas dengan jumlah populasi 130 orang siswa. Dari
jumlah siswa tersebut ditetapkan sampel yaitu 64 orang. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan
pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak surat kabar atau kelas
eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran dengan media cetak buku pelajaran
atau kelas kontrol yang diberikan perlakuan berbeda.
Data kelas eksperimen menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan
essay test yang disusun untuk tujuan yang ingin dicapai. Sebelum analisis data, dilakukan uji
persayratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh:
kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,34 dengan standar deviasi 6,72 dan kelas kontrol
memiliki rata-rata 67,31 dan standar deviasi 8,07. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh:
kelas eksperimen memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13 dan Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung<
Ltabel atau 0,13< 0,15 yaitu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media cetak
surat kabar berdistribusi normal; dan kelas kontrol memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,07 dan
Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung< Ltabel atau 0,07< 0,15. Hal ini membuktikan bahwa data
hasil pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak buku pelajaran
berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas varians gabungan kedua kelompok
yang diteliti diperoleh X2
hitung = 1,42 dan X2
tabel = 1,84. Harga X2
hitung < X2
tabel
yaitu 1,42 <
1,84. Pengujian hipotesis dilakukan mendengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji
hipotesis diperoleh thitung = 6,39 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf
signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 60. Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel
taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung
>ttabel (6,39>2,00), maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan media cetak surat
kabar lebih baik daripada media cetak surat buku pelajaran dalam meningkatakan hasil
belajara menulis karangan argumentasi.
Kata Kunci : Media Cetak, Karangan Argumentasi
kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Santa Lusia tahun
pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santa
Lusia Sei Rotan yang terdiri atas empat kelas dengan jumlah populasi 130 orang siswa. Dari
jumlah siswa tersebut ditetapkan sampel yaitu 64 orang. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan
pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak surat kabar atau kelas
eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran dengan media cetak buku pelajaran
atau kelas kontrol yang diberikan perlakuan berbeda.
Data kelas eksperimen menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan
essay test yang disusun untuk tujuan yang ingin dicapai. Sebelum analisis data, dilakukan uji
persayratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh:
kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,34 dengan standar deviasi 6,72 dan kelas kontrol
memiliki rata-rata 67,31 dan standar deviasi 8,07. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh:
kelas eksperimen memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13 dan Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung<
Ltabel atau 0,13< 0,15 yaitu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media cetak
surat kabar berdistribusi normal; dan kelas kontrol memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,07 dan
Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung< Ltabel atau 0,07< 0,15. Hal ini membuktikan bahwa data
hasil pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak buku pelajaran
berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas varians gabungan kedua kelompok
yang diteliti diperoleh X2
hitung = 1,42 dan X2
tabel = 1,84. Harga X2
hitung < X2
tabel
yaitu 1,42 <
1,84. Pengujian hipotesis dilakukan mendengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji
hipotesis diperoleh thitung = 6,39 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf
signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 60. Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel
taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung
>ttabel (6,39>2,00), maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan media cetak surat
kabar lebih baik daripada media cetak surat buku pelajaran dalam meningkatakan hasil
belajara menulis karangan argumentasi.
Kata Kunci : Media Cetak, Karangan Argumentasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i1.1655
Article Metrics
Abstract view : 70 timesPDF - 5 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 CANDRA R. GULTOM
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License