PENGARUH PENGUASAAN KONTEKS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA JOSUA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

EKA YANNE NORISKA SINAGA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penguasaan
konteks situasi terhadap kemampuan membaca pemahaman oleh siswa kelas VII
SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan yang berjumlah 197
orang. Sampel penelitian ini ditetapkan dengan sistem random atau acak
berjumlah 38 orang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif
korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian adalah
tes penguasaan konteks situasi dan kemampuan membaca pemahaman dalam
bentuk pilihan berganda. Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan rumus
Product Moment
Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari ananlisis
korelasi antara variabel X dan Y diperoleh harga korelasi sebesar 0,789 dan
setelah dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan = 0,05 adalah 0,320.
Dengan demikian rhitung>rtabel atau 0,789>0,320 berarti hipotesis yang menyatakan
adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan konteks situasi dengan
kemampuan membaca pemahaman teruji kebenarannya. Hal ini berarti hipotesis
alternatif (Ha) diterima dan (H0) ditolak yang menyatakan ada pengaruh yang
signifikan antara penguasaan konteks dengan kemampuan membaca pemahaman
oleh siswa kelas VII SMP Swasta Josua Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata kunci : konteks situasi, unsur unsur konteks situasi, membaca pemahaman,
unsur unsur membaca pemahaman

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i1.1656

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 EKA YANNE NORISKA SINAGA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License