Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Poster terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh media pembelajaran
poster terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Rantau Utara.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 213 orang.Data
penelitian ini sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan
model one group pretes postes design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretes
dengan rata-rata 63.07, standar deviasi 6.23, dengan berkategori baik 13.33% dan
berkategori cukup 80%; Sedangkan hasil postes di peroleh rata-rata 71.77,
standar deviasi 7.61, dengan berkategori sangat baik 6.67%, berkategori baik
63.33%, dan berkategori cukup 30%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah to sebesar 4.78; setelah to diketahui, kemudian
dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2
= (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.01 dan taraf
signifikan 1% = 2.68. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu
4.78>2.01, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster berpengaruh secara posistif
dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Pengaruh–Media Poster- Menulis- Puisi
poster terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Rantau Utara.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
1 Rantau Utara tahun pembelajaran 2012/2013 yang berjumlah 213 orang.Data
penelitian ini sebagai sampel penelitian. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan
model one group pretes postes design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretes
dengan rata-rata 63.07, standar deviasi 6.23, dengan berkategori baik 13.33% dan
berkategori cukup 80%; Sedangkan hasil postes di peroleh rata-rata 71.77,
standar deviasi 7.61, dengan berkategori sangat baik 6.67%, berkategori baik
63.33%, dan berkategori cukup 30%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel
penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan
homogenitas, didapatlah to sebesar 4.78; setelah to diketahui, kemudian
dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2
= (30+30) – 2 = 58, dari df= 29 diperoleh taraf signifikan 5% = 2.01 dan taraf
signifikan 1% = 2.68. karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu
4.78>2.01, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data di atas
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster berpengaruh secara posistif
dan signifikan terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Rantau Utara Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Pengaruh–Media Poster- Menulis- Puisi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v3i1.1657
Article Metrics
Abstract view : 63 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1970 LESTIKA DEWI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License