KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI DENGAN TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS X SMKS YWKA MEDAN TAHUN PEMEBELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membandingkan isi, struktur dan ciri kebahasaan teks negosiasi dengan teks diskusi oleh siswa kelas X SMKS YWKA Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKS YWKA Medan berjumlah 149 orang yang terdiri atas 5 kelas. Sampel penelitian diambil dengan cara random sampling yaitu 21% dari populasi sehingga sampel penelitian ini adalah 30 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membandingkan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks negosiasi dengan teks diskusi memperoleh persentase tertinggi 66,67% berada dalam kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik diperoleh sebanyak 3 siswa (10%), rentang nilai 76-85 dengan kategori baik diperoleh sebanyak 7 siswa (23,33%), rentang nilai 56-75 dengan kategori cukup diperoleh sebanyak 20 siswa (66,67%), dan untuk rentang nilai 10-55 dalam kategori kurang tidak ada. Dari 30 siswa yang dijadikan sampel hanya 14 siswa yang nilainya mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal dan sebanyak 16 siswa yang tidak mencapai KKM. Siswa dikategorikan tuntas apabila mencapai KKM 75.
Kata Kunci: Teks Negosiasi, Teks Diskusi, Isi, Struktur, Ciri Kebahasaan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i1.17052
Article Metrics
Abstract view : 348 timesPDF - 2488 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Artika Sari, Khairil Ansari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License