EFEKTIVITAS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA SANTO YOSEPH AEKKANOPAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 64 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian adalah kelas XI Sains yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas XI Sos yang berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah two-grup post test only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esai. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 65,31 dan standar deviasi 13,69, sedangkan hasil belajar siswa dalam menulis teks eksplanasi pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,75 dan standar deviasi 9,60. Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, Lhitung< Ltabel (0,0892 < 0,1565) dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0,1554< 0,1565) yaitu berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel (2.03 < 2,281) yakni homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, diperoleh t0 sebesar 6,14. Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df=31, maka diperoleh 2,042. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,14 > 2,042, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran creative problem solving (cps) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI SMA Swasta Santo Yoseph Aekkanopan Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci: Efektivitas, Teks Eksplanasi, Model Creative Problem Solving (CPS).
Kata Kunci: Efektivitas, Teks Eksplanasi, Model Creative Problem Solving (CPS).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18495
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 327 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Rishayani lumban Gaol, Basyaruddin Basyaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License