PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Rizka Ramadani, Azhar Umar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Round Club terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi. Penggunaan model Round Club diharapkan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi  informasi teks deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Sedangkan sampelnya adalah kelas VII Terpadu-5 yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model Round Club. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 61,04 dengan standar deviasi 11,57; dan 2) kelompok pos test memiliki rata-rata 87,08 dengan standar deviasi 6,75. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok pre test memperoleh harga Lh= 0,150 maka 0,150 < 0,161, sehingga data pre test berdistribusi normal; 2) kelompok post test memperoleh harga Lh= 0,142 maka 0,142 < 0,161, sehingga data post test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model Round Club terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Kata Kunci : Kemampuan mengidentifikasi informasi,  teks deskripsi, model Round Club.  

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i2.18512

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 77 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rizka Ramadani, Azhar Umar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License