Inovasi Literasi Jaringan dalam Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Masa Pandemi
Abstract
Literasi jaringan digunakan oleh pihak Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan dalam masa Belajar/Bekerja dari Rumah (BDR). Literasi itu dipakai sebagai media perkuliahan antara dosen dan mahasiswa, serta media akademik lainnya. Di masa pandemi Covid-19 ini, para dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melakukan sejumlah inovasi literasi jaringan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskripsi. Data yang dianalisis adalah informasi dan praktik penggunaan literasi jaringan di lingkup Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UAD, terutama pada semester genap TA 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi literasi jaringan terwujud ke dalam aktivitas perkuliahan, ujian skripsi, pengajian bagi dosen dan tenaga kependidikan, kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, kegiatan kemahasiswaan, dan pemberian dukungan terhadap salah satu finalis Duta Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta 2020. Zoom, WhatsApp, dan Instagram dimanfaatkan dalam literasi jaringan terkait bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Kata kunci: inovasi, literasi jaringan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kata kunci: inovasi, literasi jaringan, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19977
Article Metrics
Abstract view : 1309 timesPDF - 752 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sudaryanto Sudaryanto, Jamilah Jamilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License