Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Quiz Team Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas Viii Mtsn 2 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Mhd. Arpan, Fitriani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas VIII MTsN 2 Medan melalui model pembelajaran aktif quiz team. Penggunaan model pembelajaran aktif quiz team diharapkan mampu mempermudah siswa dalam mengidentifikasi informasi dalam teks eksplanasi dan mampu meningkatkannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan mengidentifikasi informasi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran aktif quiz team, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran aktif quiz team terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dan deskriptif dengan tipe tes awal-tipe tes akhir dengan kelompok tunggal (the one grup pre-test-post-test). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 2 Medan dengan jumlah polulasi 444 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII4, dengan jumlah 30 siswa). Nilai rata-rata pre-test siswa 64,16, dengan kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditenmtukan sekolah yaitu 70, sedangkan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 84,15. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa data berditribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung< Ltabel pada tahap signifikan, hasil ui normalitas pre-test adalah (0,1328<0,161), hasil uji normalitas data post-test (0,0877< 0,161). Hasil uji homogenitaskemampuan mengidentifikaasi informasi teks eksplanasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 2,70<4,17 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 9,62 > 1,67, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif quiz team memiliki pengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi siswa kelas VIII MTsN 2 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Kata Kunci :teks eksplanasi, model quiz team.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.19978

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.