Studi Karakter Bernalar Induktif Pada Kemampuan Menulis Kritis dan Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas HKBP Nommensen
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakter bernalar induktif dengan kemampuan menulis kritis dan ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas HKBP Nommensen; dilaksanakan di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi mencakup mahasiswa Grup A dan Grup B sebanyak 80 peserta didik, penentuan sampel menggunakan teknik purposive sample; diperoleh satu grup sebanyak 40 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik test objektif dan test menulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas menggunakan Uji Liliefors, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-t. Hipotesis diuji dengan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Dari data perhitungan thitung ˃ ttabel = 4,06 > 1,65. Dengan demikian hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Sehingga, dapat dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara karakter bernalar induktif dengan kemampuan menulis kritis dan ilmiah mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP, Universitas HKBP Nommensen. Kata Kunci : Bernalar, Induktif, Menulis Kritis dan Ilmiah
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i3.20142
Article Metrics
Abstract view : 473 timesPDF - 313 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Sarma Panggabean, Pontas Jamaluddin Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License