Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Gagnon & Collay Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Proposal Kelas XI SMA

Ulfah Rani Daulay, Rosmawaty Harahap

Abstract


Konstruktivisme merupakan salah satu pendekatan yang pemahaman materi pembelajaran didasarkan pada pengetahuaan yang dimiliki. Kontruktivifme mengungkapkan bahwa proses membangun pengetahuan baru tidak terlepas dari pegetahuan yang sudah dimiliki. Teori ini dapat diterapka kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah terutama pada materi-materi yang sulit dipahami. Artikel ini mencoba menerapkan teori kontruktivisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Proposal kelas XI SMA melalui penelitian kualitatif deskriptif. Terdapat enam tahapan pembelajaran yang didasarkan pada model kontruktivisme Gagnon & Collay, yaitu tahap memaparkan situasi, mengelompokkan siswa, menjembatani dengan memberi masalah untuk didiskusikan, memberikan pertanyaan, mndemosntrasikan hasil diskusi, dan memberi refleksi atau menindaklanjuti laporan kelompok. Kata Kunci : Teori Kontruktivisme, Pembelajaran, Proposal

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22045

Article Metrics

Abstract view : 625 times
PDF - 1437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ulfah Rani Daulay, Rosmawaty Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License