Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Nias dan Potensinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA
Abstract
Penelitian ini bertutujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Nias dan mendeskripsikan potensi cerita rakyat Nias sebagai pembelajaran sastra di SMA. Pendekatan yang di lakukan dalam penelitiani adalah pendekatan Kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi atau content analysis. Sumber datanya ialah buku cerita rakyat Nias.Teknik pengumpulan data dialakukan dengan pengamatan atau pemeriksaan teks (naskah) atau pembacaan.Landasan analisis data ialah analisis neurostik dan analisis antropologi Linguistik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Nias ialah nilai religius, kepribadian baik, kepedulian sosial, kejujuran dan kerja keras. Cerita rakyat Nias berpotensi kuat untuk dijadikan sebagai pembelajaran sastra di SMA karena memiliki dimensi kognitif, afektif, dan psikomotor. Cerita rakyat Nias mampu menumbuhkan sikap yang lebih santun dan beradab bagi hidup siswa-siswi SMA serta cerita rakyat Nias dapat dijadikan sumber pembentukan karakter yang berdaya saing dalam diri siswa-siswi SMA.Oleh sebab itu, sastra-sastra yang bersifat lokal agar dapat dijadikan sebagai materi pembelajaran sastra di SMA mengingat nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalamnya dan demi membentuk karakter-karakter siswa menjadi manusia sejati. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat Nias, Pembelajaran Sastra SMA
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22059
Article Metrics
Abstract view : 511 timesPDF - 550 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Esra Parida Siregar, Ivoni Evi Marwati Ndururu, Sadieli Telaumbanua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License