Efektivitas Model Poe (Predict Observe Explain) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Salak Tahun Pembelajaran 2019/2020

Nurfadilah Tumangger, Inayah Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan model POE (Predict Observe Explain) terhadap kemampuan menulis teks biografi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak tahun pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas X MIA 1 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IIS 3 yang berjumlah 35 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group postest design. Dalam penelitian ini kelompok kontrol diberi tes kemampuan menulis teks biografi menggunakan model TPS (Think Pair Share), sedangkan kelompok eksperimen diberi tes kemampuan menulis teks biografi menggunakan model POE (Predict Observe Explain). Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok kontrol termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 76,19; dan 2) kelompok eksperimen termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 88,78. Selanjutnya hasil perhitungan uji hipotesis dengan tabel t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df = N-1, df = 35- 1 = 34 pada taraf nyata α = 5% maka ttabel = 2,0322. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 6,99 > 2,0322, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model POE (Predict Observe Explain) lebih efektif dibandingkan dengan model TPS (Think Pair Share) terhadap kemampuan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Salak tahun pembelajaran 2019/2020. Kata Kunci: Model POE (Predict Observe Explain), Model TPS (Think Pair Share), Teks Biografi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i1.23925

Article Metrics

Abstract view : 76 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nurfadilah Tumangger, Inayah Hanum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License