Bahasa Verbal dan Non-Verbal yang Digunakan oleh Peserta Didik untuk Mengekspresikan Perasaan Malu pada Saat Mengikuti Perkuliahan dalam Jaringan

Harits Setyawan, Doni Alfaruqy, Elisabeth Elisabeth

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahasa verbal dan bahasa non-verbal yang digunakan oleh peserta didik dalam mengekspresikan perasaan malu pada saat mengikuti perkuliahan dalam jaringan. Instrumen penelitian ini menggunakan puisi, lagu, dan rayuan/ gombalan untuk memicu hal-hal lucu dalam perkuliahan daring. Dari hasil analisis data ditemukan bahwa peserta didik menggunakan bahasa verbal dan non-verbal dalam mengekspresikan perasaan malu. Namun, bahasa verbal yang digunakan oleh peserta didik tidak memiliki banyak variasi bentuk seperti bahasa non-verbal yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan malu. Kata Kunci: Bahasa Verbal dan Non-Verbal, Rasa Malu, Perkuliahan dalam Jaringan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i1.23927

Article Metrics

Abstract view : 397 times
PDF - 465 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Harits Setyawan, Doni Alfaruqy, Elisabeth Elisabeth

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License