Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Rayuan Gombal oleh Perempuan dalam Merespon Video Laki-Laki pada Aplikasi Tiktok

Tefur Nur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi dalam rayuan gombal oleh perempuan dalam merespon video laki-laki pada aplikasi Tiktok. Sumber data dalam penelitian ini adalah video pada beberapa akun tiktok. Data yang dikaji dalam penelitian ini berupa jenis tindak tutur ilokusi dalam rayuan gombal yang diperoleh dari komentar pada beberapa video akun tiktok. Penelitian ini menarik karena menganalisis rayuan yang diutarakan oleh perempuan terhadap laki-laki sedangkan biasanya yang identik merayu adalah laki-laki terhadap perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas pengkajian dokumen. Teknik sampling yang digunakan ialah sampling bertujuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif untuk menggambarkan rayuan gombal yang dilakukan oleh perempuan terhadap laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 50 tindak tutur ilokusi. Tuturan direktif lebih banyak dituturkan oleh perempuan dalam merayu sang pria yaitu 19 data (38%), tuturan ekspresif terdapat 14 data (28%), tuturan asertif terdapat 9 data (18%) dan tuturan komisif terdapat 7 data (14%). Dari hasil tersebut dibuktikan bahwa wanita tetap ingin diperjuangkan oleh pria, walaupun dalam hal ini wanita yang merayu sang pria tetapi dalam rayuan tersebut tetap menginginkan sang pria untuk melakukan sesuatu terhadap sang wanita. Kata Kunci: Linguistik, Tindak Tutur Ilokusi , Rayuan , Tiktok, Sosial Media

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i1.23931

Article Metrics

Abstract view : 447 times
PDF - 574 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tefur Nur Rohman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License