Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write Terhadap Kemampuan Menanggapi Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Sibolga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menanggapi laporan perjalanan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolga. Populasi dalam penelitian ini 160 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolga. Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menanggapi laporan perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran think talk write pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolga kurang dengan nilai rata-rata 60. Sedangkan kemampuan menanggapi laporan perjalanan sebelum menggunakan model pembelajaran think talk write pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sibolga sangat baik dengan nilai rata-rata 85.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Model Pembelajaran Think Talk Write, Laporan Perjalanan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i1.23958
Article Metrics
Abstract view : 106 timesPDF - 78 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rizky Handayani Maulana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License