Tindak Tutur Akun Instagram Dawuhguru Sebagai Bahan Ajar Teks Poster

Annisa Rakhmawati, Denik Wirawati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahasa dalam unggahan akun Instagram Dawuhguru. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindak tutur dan fungsi tindak tutur pada unggahan akun Instagram Dawuhguru sebagai alternatif bahan ajar teks poster SMP kelas VIII. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah unggahan akun Instagram Dawuhguru. Objek penelitian ini adalah tindak tutur. Metode pengumpulan data dengan metode simak dengan teknik dasar sadap dan teknik lanjutan berupa teknik catat. Instrumen penelitian adalah human instrument dengan alat bantu berupa kartu data. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik dasar Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil penelitian ini adalah: (1) Jenis tindak tutur pada unggahan akun Instagram Dawuhguru ditemukan 61 data, terbagi menjadi tiga meliputi: tindak tutur lokusi 29 data, tindak tutur ilokusi 17 data, dan tindak tutur perlokusi 15 data. (2) Fungsi tindak tutur dalam unggahan akun Instagram Dawuhguru ditemukan 24 data, terbagi menjadi tiga meliputi: fungsi lokusi 6 data, fungsi ilokusi 6 data, dan fungsi perlokusi 8 data. (3) Tindak tutur pada unggahan akun Instagram Dawuhguru sebagai alternatif bahan ajar teks poster SMP kelas VIII khususnya pada semester ganjil sesuai pada Kompetensi Dasar 3.4 dan 4.4 serta dicantumkan RPP dan luaran berupa bahan ajar berjudul Menulis Teks Poster Melalui Tindak Tutur.
KATA KUNCI: tindak tutur, akun instagram, teks poster


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i2.25987

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 228 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annisa Rakhmawati, Denik Wirawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License