Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Baca-Tulis Melalui Program GLS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Penelitian ini bertujuan untuk strategi guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS dan untuk mengetahui respon siswa terhadap strategi yang digunakan Guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan lembar kuesioner. Wawancara dilakukan kepada guru Bahasa Indonesia dan kuesioner diisi oleh siswa. Penelitian ini dilakukan di dua SMP Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS di SMPN 3 Banda Aceh adalah (1) membaca 20 menit di awal pembelajaran, (2) siswa memilih buku yang disukai, dan (3) siswa menuliskan kembali hasil yang telah dibaca. Pada SMPN 10 Banda Aceh strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis melalui program GLS adalah (1) one day one book , (2) guru yang memilih buku bacaan, dan (2) story telling. Respon siswa terhadap penggunaan strategi yang digunakan guru dalam menumbuhkan literasi baca-tulis 96% mengatakan bahwa mereka menyukai strategi yang digunakan guru pada kegiatan Gerakan Legiatan Sekolah dan 3% siswa mengatakan tidak suka. Dalam sehari 52% siswa menghabiskan waktu untuk membaca selama 1 jam, 12% siswa lebih dari 2 jam , 34% siswa kurang dari 1 jam. Siswa membaca dalam keadaan kapan suka 39% siswa, ketika ada tugas 24% siswa, dan 97% siswa membaca ketika ada waktu luang. Target buku yang dibaca siswa dalam kurun waktu tertentu 5% siswa 1 bulan 1 buku, 16% siswa 1 bulan 2 buku, 28% siswa 1 bulan lebih dari 2, 3 buku. Kata Kunci: Strategi, Literasi Baca-Tulis, Pembelajaran Daring
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i2.26197
Article Metrics
Abstract view : 370 timesPDF - 3260 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Yusrawati JR Simatupang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License