Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Materi Teks Fabel Siswa Kelas VII Smp

Yanti Rahmadhani Siregar, Rosmaini Rosmaini

Abstract


Penelitian ini bertolak dari masalah kurangnya media pembelajaran yang disediakan oleh guru, karena media pembelajaran yang kurang menarik membuat pembelajaran cenderung lebih membosankan dan monoton bagi siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan media pembelajaran yang menarik yang harus disusun sesuai Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi teks fabel siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Adapun subjek penelitian ini adalah validator ahli media dan validator ahli materi, tidak menggunakan uji coba lapangan karena belum berakhirnya COVID-19 di Indonesia sesuai dengan kebiijakan pemerintah. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi dan angket kepada ahli media dan ahli materi. Adapun hasil penelitian ini ialah telah dihasikan produk media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi teks fabel siswa kelas VII dengan penilaian dari ahli materi dan ahli media pada tahap I oleh validator materi memperoleh hasil persentase 78% termasuk kriteria “Baik” dan kategori “Layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 81% termasuk kriteria “Baik” dan kategori “Layak”. berdasarkan hasil dari validator pada tahap I menyatakan media perlu melakukan revisi sesuai catatan validator. Setelah melakukan perbaikan pada materi dan media pada tahap I, diperoleh penilaian ahli media dan materi pada tahap II penilaian validator ahli materi pada tahap II memperoleh hasil persentase 94% termasuk kriteria “Sangat Baik” dan kategori “Layak” dan hasil validasi ahli media memperoleh persentase 94% dengan kriteria “Sangat Baik” dan kategori “Layak”. Pada validasi ahli materi dan media tahp ke II ini validator menyatakan bahwa media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi teks fabel dinyatakan layak tanpa revisi. Berdasarkan penjelasan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Powerpoint Interaktif pada materi teks fabel layak digunakan untuk pembelajaran siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 07 Medan.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif , Materi Teks Fabel, Model ADDIE


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28297

Article Metrics

Abstract view : 647 times
PDF - 4124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yanti Rahmadhani Siregar, Rosmaini Rosmaini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License