Analisis Model Pembelajaran Berbasis E-Learning Berbantuan Media Youtube Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XII SMK Marisi Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan analisis model pembelajaran berbasis e-learning berbantuan media YouTube pada siswa kelas XII SMK Swasta Marisi Medan T.A. 2021/2022. Penelitian ini berjenis penelitian pembelajaran deskriptif kulitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK sebanyak 62 orang. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa sangat terbantu dengan materi berbantuan youtube yang dirancang oleh guru. Adapun kendala yang dialami oleh siswa adalah kurang mendukungnya sinyal dan gawai, sulitnya melakukan praktik pada saat pembelajaran online. Kemudian kelebihannya memudahkan siswa untuk belajar kapan saja dan dimana saja, tidak dibatasi oleh waktu dan ruang, namun kekurangannya guru tidak bisa melakukan pengawasan secara langsung pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis E-Learning, Media Youtube, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28304
Article Metrics
Abstract view : 207 timesPDF - 179 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Beslina Afriani Siagian, Harlen Simanjuntak, Rosalina Damayanti Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License