Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Cerdas Bangsa Namo Rambe
Abstract
Penelitian ini merupaakan penelitian tindakan kelas yang mengkaji upaya meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII-B SMP Swasta Cerdas Bangsa Namorambe dengan menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-B. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan menulis teks berita.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen utama, yaitu perencanaan,tindakan, observasi, dan refleksi. Sebelum siklus tersebut dimulai ada tahapan disebut prasiklus untuk mengetahui kondisi awal siswa. Pengumpulan data berupa tes (menulis teks berita) dan nontes ( lembar observasi) yang digunakan untuk keperluan data penelitian.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Pada saat prasiklus terdapat rata-rata 43,62. Setelah diadakan tindakan melalui dua siklus, siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,17dan siklus II rata-rata yang diperoleh adalah 81,94. Dengan demikian dapat dilihat adanya perubahan nilai yang diperoleh siswa menjadi lebih baik saat menggunakan model pembelajaran jigsaw, ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa berdampak positif dan memberikan kemudahan dalam pembelajaran menulis teks berita.
Kata kunci : Menulis Teks Berita, Model Jigsaw
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28305
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 206 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hijrah Purnama Sari Ariga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License