Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba Tahun Pembelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang muncul di lapangan mengenai kurangnya minat dan kepercayaan diri siswa dalam mengajukan pertanyaan. Sehingga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui jenis-jenis keterampilan bertanya siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada materi teks ulasan, teks persuasi dan teks drama. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) jenis keterampilan bertanya siswa berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi pada materi teks ulasan masih tergolong kurang pada level kognitif rendah dengan jumlah 12 pertanyaan dengan persentase C1 dan C5 16.6%, C2 25%, C3 8.3% dan C4 sebesar 33.3%. (2) pada materi teks persuasi masih tergolong rendah pada level kognitif C2 dan C4 memdapatkan persentase sebesar 36.3% dan begitu juga dengan C3 memdapatkan 27.2% dengan jumlah pertanyaan keseluruhan 11 pertanyaan. (3) dan pada materi teks drama sudah tergolong tinggi yaitu pada level C2 (77.7%) sedangkan C4 dan C5 masih tergolong kurang dengan persentase 11.11%. Maka dari hasil penelitian dapat dikatakan jenis keterampilan bertanya siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba TP 2020/2021 dapat dikatakan masih rendah.
Kata Kunci: Keterampilan bertanya siswa, Taksonomi Bloom
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.28448
Article Metrics
Abstract view : 280 timesPDF - 493 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rika Agus Widiyanti, Wisman Hadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License