Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga Tahun Pembelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia berbasis HOTs pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga sebanyak 68 orang. Karena melihat sedikitnya populasi pada penelitian ini, maka sampel pada penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII sebanyak 68 orang, namun yang bisa mengikuti tes sebanyak 62 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunkan tes dan wawancara. Ketuntasan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia berbasis HOTs, menunjukkan bahwa masih Kurang mampu dengan nilai rata-rata 55,5 %. Persentase kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia berbasis HOTs pada level kognitif C4 adalah sebesar 75,33% (Baik), pada level kognitif C5 adalah sebesar 63,46.%(Cukup Baik) dan pada level kognitif C6 adalah sebesar 46,82% (Sangat Kurang). Dengan demikian bahwa kemapuan siswa dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia berbasis HOTs masih kurang mampu terutama pada level Kreasi (C6).
Kata Kunci: Higher Order Thinking Skill, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Teks Berita, Teks Eksposisi, Teks Eksplanasi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i3.29136
Article Metrics
Abstract view : 371 timesPDF - 717 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lesterina Pasaribu, Rosdiana Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License