Sistem Pembelajaran Daring Dengan Penilaian Afektif Menggunakan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Uswatun Hasanah

Abstract


Pandemi Covid-19 memiliki dampak dalam segala bidang, khususnya
bidang pendidikan. Kebijakan yang diambil oleh Pemerintah adalah
meliburkan seluruh aktivitas pendidikan dan membuat rancangan baru
dalam pembelajaran jarak jauh agar pendidikan tetap berjalan walaupun
dalam keadaan pandemik seperti ini. Kegiatan belajar mengajar yang
biasanya dilakukan di sekolah atau di kampus, kini mengharuskan untuk
belajar secara jarak jauh atau disebut dengan daring (dalam jaringan).
Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan aplikasi google
classroom, zoom meeting, dan aplikasi lainnya yang menggunakan
jaringan internet.Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa
penilaian afektif dengan menggunakan google classroom dalam
pembelajaran bahasa indonesia dapat membantu guru dalam melakukan
penilaian khususnya pada ranah afektif selama pembelajaran daring.
Karena, fitur-fitur yang disediakan google classroom sesuai dengan
kebutuhan penilaian afektif untuk siswa dan kelebihan dari google
classroom juga dinilai lebih banyak daripada kelemahannya


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30736

Article Metrics

Abstract view : 121 times
PDF - 1261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Uswatun Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License