Tindak Tutur Direktif Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Tema Kayanya Negeriku dengan Metode Small Group Work pada Kelas IV SDN 2 Ranaheng Banyumas Jawa Tengah
Abstract
Penelitian ini memiliki 2 tujuan pertama, bertujuan untuk mengeksplorasi
langkah-langkah guru dalam menerapkan metode small group work dalam
pembelajaran tematik di SDN 2 Ranaheng Banyumas Jawa tengah. Kedua
untuk menemukan bentuk tindak tutur direktif guru beserta fungsi yang
terdapat di dalam tuturannya. Untuk memecahkan tujuan penelitian yang
pertama, peneliti memanfaatkan konsep pembelajaran tematik dengan metode
small group work. Hasilnya peneliti menemukan guru telah melakukan
prosedur pembentukan small group work dengan benar, guru menerapkan
metode ini dengan bentuk yang kreatif yaitu praktek wawancara secara
berkelompok. Kemudian untuk menemukan bentuk-bentuk tindak tutur direktif
guru peneliti menggunakan teori Searle. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa guru banyak menggunakan tindak tutur direktif memerintah,
menantang dan menasehati.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30739
Article Metrics
Abstract view : 155 timesPDF - 273 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Miftakhul Jannah, Gigit Mujianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License