Penggunaan Konjungsi Antarkalimat Dalam Paragraf Oleh Siswa Kelas XI SLTA

Ona Diana Bani, Ronni Marthen Ndun

Abstract


Konjungsi antarkalimat mempunyai peranan penting dalam mengungkapkan
penalaran penulis terhadap sesuatu hal atau topik. Tanpa konjungsi
antarkalimat tidak akan jelas penalaran dan pola pengembangan sebuah
paragraf sebagai wadah pengungkapan gagasan yang lengkap. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi antarkalimat dalam
paragraf oleh siswa kelas XI SLTA Negeri 6 Kupang yang bermanfaat untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia untuk membentuk
kemampuan menulis siswa SLTA. Metode yang digunakan pada penelitian ini
adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam menulis paragraf, siswa kelas XI
SLTA Negeri 6 Kupang dapat membentuk paragraf yang padu berdasarkan
penggunaan konjungsi antarkalimat dalam paragraf walapun masih terdapat
kesalahan-kesalahan dalam paragraf. Berikut konjungsi antarkalimat yang
digunakan (a) konjungsi kausatif seperti penggunaan oleh karena itu, dan oleh
sebab itu; (b) penggunaan konjungsi konsekutif seperti penggunaan akhirnya,
dan dengan demikian; (c) penggunaan konjungsi penambahan seperti
penggunaan ada juga, juga, pula, dan bahkan; (d) penggunaan konjungsi
pertentangan seperti penggunaan akan tetapi; dan (e) penggunaan konjungsi
syarat seperti penggunaan jika. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar
pembelajaran menulis di sekolah perlu diefektifkan dengan menuntun siswa
menulis dengan baik terutama perumusan paragraf dengan memperhatikan
penggunaan bentuk bahasa yang baik dan benar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v10i4.30774

Article Metrics

Abstract view : 206 times
PDF - 2119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ona Diana Bani, Ronni Marthen Ndun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License