Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan Siswa Kelas VIII Berdasarkan K-13 (Studi Kasus: MTs. Muhammadiyah 1 Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13, (2) pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13, (3) penilian pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VII berdasarkan K-13. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian studi kasus dengan obejek penelitian yaitu guru bahasa Indonesia di MTs. Muhammadiyah 1 Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, RPP yang dirancang oleh guru telah sesuai dengan standar proses Kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, kegiatan pembelajaran dengan mengamati, bertanya, menumpulkan informasi, menegosiasi, menganalisis, dan memaparkan informasi dalam pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, (3) deskripsi penilaian pembelajaran menyusun teks ulasan siswa kelas VIII berdasarkan K-13, yaitu menerapkan aspek penilaian berdasarkan tiga ranah domain(kognitif, psikomotorik, dan sikap). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menyususn teks ulasan siswa kelas VIII di MTs. Muhammadiyah 1 Malang telah sesuai dengan standar proses Kurikulum 2013 mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian pembelajaran.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33506
Article Metrics
Abstract view : 390 timesPDF - 608 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Irna Rinawatul Fitriyah, Fauzan Fauzan, Arif Setiawan, Musaffak Musaffak, Sasmito Sasmito
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License