Penggembangan Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Aplikasi Anchor Siswa Kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022

Fitriani Lubis, Herni Serli Yanti Lase

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks puisi berbasis aplikasi Anchor pada siswa kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022, (2) Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar berbasis aplikasi Anchor pada siswa kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan sampel 32 peserta didik dengan metode Research and Development (R&D) instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert, pada analisis kebutuhan, validasi materi, desain dan penilaian peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Teks Puisi Berbasis Aplikasi Anchor Siswa Kelas X SMA Swasta Raksana Tahun Pembelajaran 2021/2022 termasuk kriteria “Sangat Baik”dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian dosen ahli materi dengan presentase 92% . Hasil dari penilaian dosen ahli desain 82% termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”, dan didukung dari hasil uji coba produk kepada peserta didik memperoleh penilaian dengan presentase 88,2% yang termasuk dalam kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar teks puisi berbasis aplikasi Anchor layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36128

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fitriani Lubis, Herni Serli Yanti Lase

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Kode: Jurnal Bahasa

Creative Commons License

Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License