Pengaruh Media Audiovisual Terhadap KemampuanMemahami Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Medan T.A 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media audiovisual terhadap kemampuan memahami makna puisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021/2022. Populasi berjumlah 140 orang dan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang yang diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes memahami makna puisi dalam bentuk essai tes. Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan hasil kemampuan memahami puisi. Tes awal (pre-test) dengan nilai rata-rata = 63,66 Standar Deviasi = 7,52, dan Standar Error = 1,39. Tas akhir (post-test) nilai rata-rata = 73,83, Standar Deviasi = 7,38 , dan Standar Error = 1,37. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung= 5,21, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan dk = (N - 1) = (30-1) = 29. Pada tabel t dengan dk 29 pada taraf 5% = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ltabel yaitu 5,21 > 2,04, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H𝑎) diterima. Hal ini membuktikan bahwa media audiovisual memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan memahami makna puisi.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/kjb.v11i2.36133
Article Metrics
Abstract view : 149 timesPDF - 150 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Edy Syahputra, AshrafahAlaifhi Aulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Kode: Jurnal Bahasa
Kode: Jurnal Bahasa is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License